Tahun 2024 Waktu Regenerasi Total PDIP, Megawati: Kader Harus Jadi Pelopor Dan Obor

  • Whatsapp
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri/RMOL
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri/RMOL

SUARAHARIAN.COM – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung soal tahun 2024, yang menurutnya menjadi waktu bagi partai yang dipimpinnya untuk melakukan regenerasi total.

Persoalan itu disampaikan Putri Presiden Soekarno saat berpidato dalam acara peresmian 20 kantor PDIP baru di 20 wilayah, yang dilaksanakan virtual, Rabu (22/7).

Bacaan Lainnya

“Saudara-saudara, kita akan melakukan sebuah regenerasi. Dapat dikatakan total pada 2024,” ungkap Megawati Soekarnoputri.

Di momentum pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 kali ini, bakal menjadi proses awal proses regenerasi tersebut.

Karenanya, Presiden RI kelima ini meminta para kadernya untuk menjadikan kantor-kantor PDIP yang baru saja diresmikan sebagai pusat konsolidasi di daerahnya masing-masing.

“Oleh sebab itu, betapa perlunya kita punya kantor-kantor partai yang seperti tadi saya katakan. Bahwa untuk kita melakukan konsolidasi dan bertemu langsung dengan rakyat yang memerlukan bantuan,” ungkapnya.

Melalui proses yang dimulai dari sekarang tersebut, Megawati meyakini bahwa PDIP bisa eksis bersama rakyat hingga negara Indonesia hidup hingga lebih 1000 tahun. Sehingga PDIP akan menjadi sebuah alat perjuangan bagi negara.

Sebagai contohnya, Megawati menjadikan negara Amerika Serikat (AS) yang sudah berdiri lebih dari 200 tahun mampu bertahan dengan dua partai politik besar, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik yang juga masih eksis hingga saat ini.

Karena itulah kemudian Megawati menginstruksikan agar kantor partainya di seluruh daerah sebagai rumah rakyat yang harus dijaga, dipelihara untuk bisa melangsungkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Selain itu juga untuk rapat partai, sehingga konsolidasi terus mengalir dan berjalan dengan baik.

“Saya sudah mengatakan bagaimana kita harus menyediakan payung sebelum hujan,” imbuhnya.

Sambil terisak, Megawati juga meminta kepada kader PDIP untuk bergerak menjadi partai pelopor, menjadi obor yang terus menyala bagi masyarakat di sekitarnya.

“Jadikan partai ini adalah partai pelopor, sebuah nyala, obor yang terus menyala dan memberi tuntunan bagi rakyat kita,” kata Megawati dengan suara bergetar menahan isak.

“Jangan lupa Indonesia adalah bangsa yang besar, kita tidak pernah menyerah, kita beratus tahun dijajah, 350 tahun, akhirnya kita merdeka. Kalangan anak muda harusnya tahu sejarah bangsanya, harus tahu bagaimana perjuangan bangsa kita untuk mencapai kemerdekaan. Karena 2024 adalah peralihan generasi, harus dicamkan bagi seluruh Tiga Pilar Partai bahwa kita harus terus berjuang dengan rakyat,” ungkap Megawati.

Sumber: rmol.id

Pos terkait