Soal Sorotan Politik Dinasti yang Kini Mengarah ke Gibran Anak Jokowi

  • Whatsapp
Gibran Rakabuming. Foto: Agung Mardika/detik
Gibran Rakabuming. Foto: Agung Mardika/detik

SUARAHARIAN.COM – Dia mengatakan tinggal dlihat apakah sebuah dinasti politik membawa kebaikan atau tidak, berkualitas atau tidak, untuk kemaslahatan rakyat. Peraih gelar PhD atau Doctor of Philosophy bidang antropologi politik dari University of New South Wales ini menyebut kualitas dinasti politik tergantung dari dua indikator utama.

Pertama, sistem politik dan praktik demokrasi setempat, termasuk pelaksanaan pemilu dan kebebasan sipil, semakin berlangsung secara baik dan sehat atau sebaliknya. Kedua, kemunculan kepemimpinan publik yang berasal dari suatu klan politik tertentu di suatu daerah/negara tertentu secara turun temurun apakah membawa perbaikan tata pemerintahan, layanan publik dan kesejahteraan sosial yang semakin baik, berkualitas dan merata atau sebaliknya.

Bacaan Lainnya

“Bagi saya, yang terpenting, dalam menilai soal dinasti politik ini adalah apakah politisi yang berasal dari satu keluarga tertentu tersebut memiliki DNA atau legacy berpolitik yang positif atau negatif? Jika legacy dalam memimpin masyarakat dikenang secara baik, membawa kebajikan dan kemaslahatan rakyat, maka dinasti politik tersebut tentu akan selalu mendapat legitimasi dan dukungan dari rakyat,” papar Dimas.

“Sebaliknya, jika legacy-nya buruk, semisal korupsi dan berbagai pelanggaran moral publik lainnya, maka justifikasi politik dan legitimasi publiknya akan lemah, bahkan akan mengalami penolakan secara luas,” pungkasnya.

Sumber: detik.com

Pos terkait