Sandiaga Uno Salip Elektabilitas Ridwan Kamil di Survei Indikator

  • Whatsapp
Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)

SUARAHARIAN.COM – Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024 mengalami peningkatan di masa pandemi COVID-19. Namun hasilnya berbeda, elektabilitas Ganjar kian moncer ke posisi pertama menyalip Prabowo Subianto. Sementara Ridwan Kamil justru disalip Sandiaga Uno di posisi lima pada survei Pilpres yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.

Pada survei yang dilakukan pada 13-16 Juli 2020, Ganjar mengantongi elektabilitas sebesar 16,2%. Angka tersebut meningkat 4,4 persen dari survei Indikator Politik sebelumnya yang dilakukan pada 16-18 Mei. Popularitas Ganjar meningkat cukup signifikan di atas Prabowo yang bertengger di posisi tiga dengan 13,5%. Sementara di posisi kedua masih dihuni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan raihan 15%.

Bacaan Lainnya

Ridwan Kamil pun naik dari 7,7% menjadi 8,6%. Kendati demikian, posisinya di peringkat empat pada Mei lalu, turun ke peringkat lima pada Juli disusul Sandiaga Uno dengan 9,2%. Elektabilitas Sandiaga meningkat cukup pesat dari 6% pada Mei 2020.

Melihat dinamika yang terjadi, Peneliti dari Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) Bandung Iman Soleh mengatakan ada beberapa faktor yang membuat popularitas Ganjar meroket pada survei terbaru Indikator Politik.

Salah satunya adalah penanganan COVID-19 di Jawa Tengah yang relatif lebih terkendali. Faktor lainnya, politisi PDI Perjuangan itu bisa mengolah isu yang merakyat di media sosial, namun cakupannya panggung nasional. “Ganjar memunculkan isu yang sifatnya me-nasional, dan dia lebih siap dengan panggung yang lebih nasional,” ujar Iman saat dihubungi detikcom, Senin (21/7/2020).

Sedangkan untuk Ridwan Kamil, melonjaknya kasus COVID-19 di Jawa Barat karena ditemukannya klaster baru di instansi pendidikan militer, sedikitnya berpengaruh pada hasil survei. “Betul klaster Secapa cukup merepotkan, walau bisa diatasi Ridwan Kamil dengan komunikasi yang baik dengan pihak TNI,” kata Iman.

Smber: detik.com

Pos terkait