MUI Minta Aparat Usut Pengunggah Meme Klepon Tak Islami

  • Whatsapp
MUI Minta Aparat Usut Pengunggah Meme Klepon Tak Islami
Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh- Fatwa Nomor 36 Tahun 2020 ini menekankan pentingnya memperhatikan protokol kesehatan saat ibadah shalat idul Adha maupun kala menyembelih hewan kurban,(Foto: Tangkap layar channel YouTube BNPB)

SUARAHARIAN.COM – Sebuah unggahan foto dengan kata-kata atau meme berjudul ‘Kue Klepon Tidak Islami’ viral di media sosial. Pengguna media sosial ramai-ramai memparodikan dan bahkan mengolok-olok agama Islam melalui meme tersebut.

Menanggapi unggahan foto berjudul ‘Kue Klepon Tidak Islami’ ini, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Asrorun Niam Sholeh meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas pengunggah dan penyebar unggahan di media sosial tersebut. Karena secara nyata telah menyebabkan kegaduhan.

Bacaan Lainnya

“Termasuk elemen masyarakat yang menjadikan berita bohong itu sebagai bahan olok-olokan yang menimbulkan permusuhan, kegaduhan, dan kebencian atas dasar suku, agama, ras, dan antargolongan,” kata KH Niam kepada Republika.co.id, Rabu (22/7).

Menurutnya, unggahan foto atau meme itu berpotensi melecehkan ajaran agama. Maka meminta kepada masyarakat tidak menyebarkan kabar hoaks tersebut.

KH Niam juga meminta masyarakat tidak terprovokasi dan terjebak pada komentar-komentar yang melecehkan ajaran agama atau membangun stigma buruk terhadap agama. Juga tidak terprovokasi dengan narasi kebencian dan olok-olok yang bertentangan dengan hukum dan etika.

“Meminta masyarakat tidak menjadikan meme tersebut sebagai bahan olok-olok yang bisa berdampak hukum,” ujarnya.

Sumber: republika.id

Pos terkait