Kemunculan Djoko Tjandra Setidaknya Membuktikan Blanko KTP-el Tidak Langka

  • Whatsapp
Kemunculan Djoko Tjandra Setidaknya Membuktikan Blanko KTP-el Tidak Langka
Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio,(Foto: rmol.id)

SUARAHARIAN.COM – Kemunculan buronan kelas kakap, Djoko Tjandra ke tanah air telah mengejutkan saentro negeri ini. Menariknya, pria yang telah dikejar sejak 11 tahun lalu itu seolah tenang masuk ke Indonesia.

Terpidana kasus pengalihan hak tagih Bank Bali tersebut bahkan sempat membuat KTP elektronik di Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan sebelum akhirnya membuat peninjauan kembali atas kasusnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Bacaan Lainnya

Namun demikian, pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio enggan masuk dalam polemik “kelihaian” Djoko Tjandra. Dia memilih untuk mengambil hikmah dari kemunculan buron yang dikabarkan telah berkewarganegaraan Papua Nugini itu.

Setidaknya, kata dia, kemunculan Djoko Tjandra telah membantah sejumlah tuduhan yang selama ini dialamatkan publik pada birokrasi di tanah air, khususnya mengenai urusan kependudukan.

“Pertama, (membantah tuduhan) blanko KTP tidak ada,” ujarnya dalam akun Twitter pribadi beberapa waktu lalu.

Selain itu, Djoko Tjandra juga telah membuktikan bahwa pembuatan KTP tidak sesulit dan selama yang dituduhkan publik. Nyatanya, hanya dalam hitungan jam, Djoko Tjandra sudah bisa dapat KTP-el.

“Ternyata blanko ada, bikin KTP mudah, cepat. satu lagi bahwa Pak Lurah suka membantu warganya,” demikian kelakar pendiri lembaga survei Kedaikopi itu.

Sumber: rmol.id

Pos terkait