BIN soal Tak Lagi di Bawah Menko Polhukam: Percepatan Informasi ke Presiden

  • Whatsapp
Dokumentasi Presiden Jokowi di kantor BIN (Foto: bin.go.id/detik.com)
Dokumentasi Presiden Jokowi di kantor BIN (Foto: bin.go.id/detik.com)

SUARAHARIAN.COM – Badan Intelijen Negara (BIN) kini tidak lagi di bawah koordinasi Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). BIN menjelaskan hal itu semata-mata demi efisiensi distribusi informasi untuk presiden.

Kebjakan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 73 Tahun 2020. Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto menyebutkan dengan adanya aturan itu maka sistem pelaporan BIN akan lebih sederhana untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bacaan Lainnya

“Hal ini menyederhanakan sistem pelaporan BIN dalam menyampaikan informasi ke Presiden. Semua ditujukan untuk efisiensi agar terjadi percepatan distribusi informasi ke Presiden sehingga kebijakan yang diambil dapat dilakukan secara cepat, tepat, efektif dan efisien serta makin memperketat kerahasiaan informasi itu sendiri,” kata Wawan dalam keterangannya, Minggu (19/7/2020).

“Presiden adalah single client Badan Intelijen Negara, sehingga penyampaian informasi dilakukan secara direct,” imbuhnya.

Dengan begitu, kata Wawan, kebijakan yang diambil presiden setelah mendapat informasi BIN dapat dengan segera ditetapkan. Namun Wawan menegaskan bila koordinasi BIN dengan kementerian atau lembaga lain tetap dilakukan.

“Distribusi informasi dan pelaporan BIN akan lebih efektif dengan langsung di bawah Presiden. Hal ini sesuai dengan UU Intelijen Nomor 17 Tahun 2011 dan visi misi BIN, di mana BIN harus terdepan dalam penyampaian informasi sehingga pengambilan kebijakan dalam penanggulangan berbagai masalah dapat segera dilakukan oleh Presiden,” kata Wawan.

“Koordinasi BIN dengan Kementrian/Lembaga lainnya tetap bisa dilakukan, demikian juga dengan Kemenkopolhukam,” imbuhnya.

Sumber: detik.com

Pos terkait