Anggota Keluarga Jokowi, Ma’ruf Amin, dan Prabowo yang Ramaikan Bursa Pilkada 2020…

  • Whatsapp
Bakal calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) berada di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020). Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi mendapat rekomendasi PDI Perjuangan untuk maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo pada Pilkada serentak Desember mendatang.(ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA/kompas.com)
Bakal calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) berada di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020). Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi mendapat rekomendasi PDI Perjuangan untuk maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo pada Pilkada serentak Desember mendatang.(ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA/kompas.com)

SUARAHARIAN.COM – Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) 2020 diikuti sejumlah keluarga dan kerabat dari tokoh-tokoh politik Tanah Air yang duduk di pemerintahan.

Berdasarkan catatan Kompas.com hingga Rabu (22/7/2020), ada nama–nama dari keluarga dan kerabat Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang rencananya diusung partai untuk maju pilkada di sejumlah daerah.

Bacaan Lainnya

Terkait adanya keluarga dan kerabat tokoh politik yang mengikuti Pilkada 2020, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai, setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama dalam politik.

Namun, menurut dia, mereka yang akan unggul atau menang dalam pilkada adalah yang bisa meraih simpati masyarkat.

“Siapa saja yang sudah memiliki investasi politik dan dapat simpati masyarakat, dialah yang akan unggul,” kata Ujang Komarudin dihubungi Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Menurut Ujang, dari beberapa keluarga dan kerabat tokoh politik yang maju dalam pilkada, anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming dinilai lebih unggul di banding kandidat keluarga yang lain.

“Untuk kans Gibran akan menang mudah, setelah ditetapkan PDI-P menjadi calon wali kota Solo dan juga didukung oleh partai-partai lain, minus PKS,” ujar Ujang.

“Gibran akan melenggang tak ada lawan, bahkan bisa jadi Gibran lawan kotak kosong,” ucap Ujang.

Sementara iru, kandidat lain dari kelurga Wapres Ma’ruf Amin dan Menhan Prabowo Subianto dinilai imbang.

Sebab, mereka bertarung di dapil yang sama, yaitu Tangerang Selatan.

“Soal keluarga Prabowo, Sara, dan anak Ma’ruf Amin, Azizah kans-nya fifty-fifty,” ucap Ujang.

Pilkada serentak tahun ini akan dilaksanakan pada 23 September 2020.

Pilkada serentak 2020 akan mencakup 270 daerah (provinsi/kabupaten/kota) di seluruh Tanah Air.

Berikut keluarga Presiden, Wapres dan Menhan yang ikut dalam Pilkada 2020:

Keluarga Presiden Joko Widodo

Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Jokowi. Ia diusung sebagai bakal calon wali kota Solo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Ada juga Bobby Nasution yang merupakan menantu Jokowi. Ia menjadi bakal calon wali kota Medan dan sudah mendaftarkan diri di sejumlah partai politik yakni Gerindra, Nadem, dan PDI-P.

Selanjutnya, Doli Sinomba Siregar yang merupakan paman dari Bobby. Ia mengikuti Pilkada Kabupaten Tapanuli Selatan.

Ia sudah mendaftarkan diri ke sejumlah partai, yakni PDI-P, PPP, dan Hanura.

Baca juga: Demokrat Terbitkan Rekomendasi Pilkada Tangsel untuk Azizah Maruf-Ruhama Ben Pekan Ini

Ada juga Wahyu Purwanto yang merupakan adik ipar Jokowi dan mengikuti Pilkada Gunungkidul melalui Partai Nasdem.

Keluarga Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Siti Nur Azizah merupakan putri kandung dari Ma’ruf Amin yang diusung sebagai calon wali kota Tangerang Selatan. Ia diusung Partai Demokrat dan PKS.

Keluarga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau Sara merupakan keponakan Menhan Prabowo Subianto yang diusung Gerindra dan PDI-P sebagai calon wakil wali kota Tengerang Selatan.

Sumber: kompas.com

Pos terkait