Sabar Ya! Vaksin Corona dari China Diuji Dulu Sebelum Disebar

  • Whatsapp
Foto: Fiona Goodall/Getty Images/detik.com
Foto: Fiona Goodall/Getty Images/detik.com

SUARAHARIAN.COM – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkap vaksin Corona dari China telah masuk ke Indonesia. Sayang, masyarakat Indonesia masih harus bersabar kerena vaksin virus Corona ini belum bisa langsung disebar.

Arya mengatakan, vaksin Corona buatan Sinovac tersebut akan menjalani uji klinis tahap III yang dilakukan PT Bio Farma (Persero) sebelum diedarkan ke masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Iya, memang vaksin Sinovac ini sudah sampai di Indonesia sekarang dalam proses uji klinis tahap III oleh temen-temen di Biofarma,” ujarnya kepada awak media, Senin (20/7/2020).

Uji klinis, kata dia, diperlukan untuk mengetahui apakah vaksin Corona tersebut cocok dengan tipe virus Corona yang ada di Indonesia. Virus Corona yang ada di China bisa jadi berbeda dengan yang ada di Indonesia mengingat karakteristik penduduk hingga cuaca antar dua negara.

“Kita tahu juga bahwa virus yang ada di Indonesia bisa saja berbeda dengan yang di China, itu yang kita lakukan tes klinis apakah cocok dan mematikan virus Corona yang ada di Indonesia,” sambungnya.

Dikutip dari news.com.au, kepala petugas medis NSW telah mengungkapkan jenis virus baru yang ‘menakutkan’ yang kini sedang dilacak di sebuah hotel besar di barat daya Sydney berkaitan dengan lonjakan kasus baru Corona.

“Virus Corona saat ini memiliki banyak strain yang berbeda dan sudah sedikit berubah,” sebut Kepala Dinas Kesehatan New South Wales, Kerry Chant.

Dr Chant menilai virus Corona ini memiliki jenis yang berbeda dan dapat diidentifikasi seperti ‘silsilah keluarga’.

“Virus ini memiliki beberapa asal-usul, berubah dan berpindah-pindah dan virus Corona berubah seiring waktu,” kata Dr Chant, dikutip dari news.com.au Jumat (17/6/2020).

Sumber: detik.com

Pos terkait