Djoko Tjandra Dilindungi Mantan PM Malaysia?

  • Whatsapp
Djoko Tjandra Dilindungi Mantan PM Malaysia?
Foto: 20Detik

SUARAHARIAN.COM – Djoko Tjandra saat ini dikabarkan berada di Malaysia setelah memanfaatkan oknum penegak hukum di Indonesia.

Diduga, buron kasus korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali itu memiliki hubungan erat dan mendapat perlakuan istimewa dari mantan Perdana Menteri Malaysia Nazib Razak.

Bacaan Lainnya

Sehingga, proses pemulangannya akan sulit, jika tidak melibatkan diplomasi tingkat tinggi antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Malaysia, Muhyidin Yassin.

Demikian disampaikan Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana dilansir JawaPos.com, Minggu (19/7/2020).

Menurutnya, dengan hubungan baik antara Jokowi dan Muhyidin Yassin, akan mempermudah memulangkan buron Kejaksaan Agung RI itu.

“Hubungan baik ini semestinya digunakan untuk memulangkan Djoko Tjandra dari Malaysia,” ujarnya.

Diplomasi tingkat tinggi ini, kata Boyamin, dibutuhkan lantaran upaya yang pernah dilakukan untuk memulangkan Djoko Tjandra sebelumnya gagal.

“Mantan Jaksa Agung M Prasetyo telah berupaya memulangkan jalur ektradisi atas Djoko Tjandra namun masih gagal,” ungkapnya.

Hubungan baik antara Indonesia-Malaysia selama ini bisa dilihat dalam upaya pemulangan Siti Aisyah dari Malaysia.

Siti dituding meracuni Kim Jong Nam, kakak Presiden Korea Utara Kim Jong Un.

Saat itu, Siti tengah menjalani persidangan di Pengadilan Shah Alam Malaysia dengan ancaman hukuman mati.

Namun atas upaya loby tingkat tinggi termasuk penyerahan kapal mewah Equaminity kepada Malaysia, maka Siti Aisyah bisa dibawa pulang ke Indonesia.

“Dan diterima langsung Presiden Jokowi di Istana Negara pada tanggal 12 Maret 2019,” beber Boyamin.

Pemulangan Siti Aisyah tersebut, lanjut Boyamin, imbalan atas kesediaan PoIri menyerahkan sitaan kapal pesiar mewah Equaminity kepada Malaysia pada 5 Agustus 2018.

Kapal Equaminity sebelumnya telah disita Polri di Benoa, Bali pada 28 Pebruari 2018 atas permintaan FBI Amiera Serikat, karena diduga terkait kasus korupsi.

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyebut bahwa Djoko Tjandra saat ini sudah berada di Malaysia.

Djoko berada di apartemennya di Apartemen Exchange, Kualalumpur, Malaysia, di lantai 106.

“Djoko Tjandra bersama dua orang lain kabur dengan jet pribadi,” kata Neta, Jumat (17/7/2020).

Menurut Neta, Djoko Candra terbang ke Malaysia dari Bandara Halim Kusuma menggunakan jet pribadinya.

Bahkan, saat hendak naik ke atas jet pribadi, ketiganya sempat berselfi ria dengan menunjukkan Vis kepada Bangsa Indonesia.

“Mereka menuju Kuala Lumpur pada akhir Juni,” ungkap Neta.

Sumber: pojoksatu.id

Pos terkait