PT Waskita Karya Jual 4 Ruas Tol Untuk Bayar Utang

  • Whatsapp
PT Waskita Karya Jual 4 Ruas Tol Untuk Bayar Utang
Warga melintas di proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang di Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten, Senin (11/5/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/wsj)

SUARAHARIAN.COM – Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (persero) Destiawan Soewardjono mengatakan jumlah utang perusahaan yang dipimpinnya tersebut mencapai Rp89 triliun.

Tak ayal, kondisi tersebut memaksa untuk kembali melepas kepemilikan sejumlah saham atas ruas tol yang sudah dibangun dan dikelolanya.

Bacaan Lainnya

Destiawan mengatakan, pihaknya akan melepas saham 4 ruas jalan tol. Ada yang dilepas secara penuh kepemilikan saham di beberapa jalan tol. Dan melepas sebagian saham pada salah satu dan lainnya.

Destiawan mengatakan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Ruang Komisi VI DPR Ri, Senayan Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2020), pihaknya akan melepas saham jalan tol yang dikelola oleh anak usahanya, PT Waskita Toll Road. “Waskita akan divestasi 4 tol,” katanya.

Empat tol yang akan dilepas secara penuh, yaitu Tol Becakayu, Tol Kanci-Pejagan, dan Tol Pejagan-Pemalang. Sedangkan Tol Cibitung-Tanjung Priok, akan dijual dengan mengurangi kepemilikan saham dari mayoritas menjadi minoritas.

Destiawan mengaku, jalan tol tersebut dijual untuk menutupi biaya investasi yang 70 persen berasal dari utang. Harapannya, keempat tol tersebut bisa dilepas pada 2020.[brz/nu]

Pos terkait