Dolar Tembus Rp14.800, BI Ungkap Penyebab Rupiah Terus Melemah

  • Whatsapp
Dolar Tembus Rp14.800, BI Ungkap Penyebab Rupiah Terus Melemah
Ilustrasi rupiah dan dollar AS(Foto: THINKSTOCKS)

SUARAHARIAN.COM – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan penyebab pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang terus terjadi hingga hari ini. Pada awal pekan ini, rupiah ditransaksikan di kisaran atas Rp14.800 per dolar AS.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan kondisi itu disebabkan data-data terbaru terkait tekanan ekonomi terkait perkembangan wabah virus corona (COVID-19) di dunia.

Bacaan Lainnya

Misalnya, data pertumbuhan ekonomi yang diluncurkan berbagai lembaga internasional memperkirakan akan semakin terkontraksi. Akibatnya kekhawatiran bagi pelaku pasar keuangan dan investor semakin besar.

“Belakangan ini nilai tukar rupiah bukan hanya di Indonesia tapi emerging market terus mengalami tekanan karena adanya analisa-analisa baru terkait global bahwa kondisinya akan lebih deeper dan longer sehingga tejadilah risk off,” kata Destry dalam webinar, Senin, 20 Juli 2020.

Dengan kekhawatiran tersebut, dia melanjutkan, para pelaku pasar keuangan dan investor tidak lagi ingin menanamkan modal mereka di negara-negara yang dianggap berisiko seperti Indonesia, melainkan kembali lagi membeli surat-surat berharga di AS.

“Jadi mereka menjauhi kembali instrumen-instrumen atau market yang mereka anggap akan membuat risiko tinggi sehingga terjadi lagi flight to quality. Mereka kembali lagi ke AS, mereka beli lagi US Bonds sehingga rupiah dan beberapa mata uang regional mengalami tekanan,” tutur Destry.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah hari ini di level Rp14.832, atau melemah 0,35 persen dari akhir pekan lalu di level Rp14.780.

Sementara itu, di pasar spot, pada pukul 11.45 WIB, rupiah ditransaksikan di level Rp14.817 per dolar AS, atau melemah 0,78 persen dari level penutupan perdagangan akhir pekan lalu, Jumat, 17 Juli 2020 sebesar Rp14.702.

Sumber: viva.co.id

Pos terkait