Kurangi Risiko Penyebaran Covid-19 Di Penjara, Iran Bebaskan Lagi 36 Ribu Tahanan

  • Whatsapp
Pemerintah Iran membebaskan 36 ribu tahanan guna kurangi tingkat hunian penjara/RMOL
Pemerintah Iran membebaskan 36 ribu tahanan guna kurangi tingkat hunian penjara/RMOL

SUARAHARIAN.COM – Pemerintah Iran kembali membebaskan lebih dari 36 ribu tahanan untuk menghindari bencana adanya penyebaran virus corona di penjara-penjara yang sangat berisiko.

Kepala Layanan Penjara Mohamad Mehdi Haj-Mohammadi pada Senin (20/7) menyebut, sejak 8 Juli, sudah ada 36.283 tahanan yang telah dibebaskan dari penjara, melansir Reuters.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya pada 5 Mei, pemerintah Iran membebaskan secara sementara 114 ribu tahanan yang memenuhi persyaratan. Di mana tahanan yang membahayakan masyarakat tidak termasuk di dalamnya.

Jurubicara Pengadilan, Gholamhossein Esmaeili pada Juli mengatakan, pihak berwenang akan terus mengurangi tingkat hunian di penjara untuk menghindari penyebaran virus di antara para tahanan.

Ia mengatakan, norma-norma legislatif telah diberlakukan untuk menurunkan hukuman bagi kejahatan tertentu. Selain itu, beberapa kasus narapidana pun harus ditinjau lebih lanjut.

Menurutnya, pemerintah saat ini berusaha untuk menggunakan jenis hukuman lain daripada hukuman penjara jika memungkinkan.

Data dari Worldometers pada Selasa (21/7) menunjukkan, Iran sudah memiliki 276.202 kasus Covid-19 secara nasional dengan 14.405 kematian. Sebanyak 240.087 sudah sembuh, sehingga kasus aktif di Iran saat ini menjadi 21.710.

Sumber: rmol.id

Pos terkait